Rabu, 09 Februari 2011

HYPNOBIRTHING

Hypnobirthing terdiri dari kata hypno (hipnosis) dan birth (melahirkan) diartikan seni dan ketrampilan untuk meningkatkan ketenangan pikiran sehingga dapat menghadapi persalinan yang nyaman dan tenang karena kondisi ibu juga sangat mempengaruhi bayi yang ada dalam kandungan. Nama hypnobirthing ini dipatenkan oleh Marie F Morgan, MEd., M. Hy.

Hypnobirthing menekankan pada munculnya sugesti positif, perasaan tenang dan relaks, kondisi inilah yang membuat otak mengalirkan hormon endrofin untuk mrngurangi rasa sakit. sebaliknya, jika ibu merasa takut, stress, dan panik saat persalinan, maka otak akan mengeluarkan zat yang bisa menutup lajunya hormon tersebut. jadi, bila semakin takut seseorang saat melahirkan, semakin sakit pula yang akan dirasakan.

Umumnya hypnobirthing dilakukan mulai umur kehamilan 7 bulan sampai atau 2 bulan sebelum melahirkan, bisa dilakukan dua kali sehari setiap pagi atau menjelang tidur, sekitar 10-15 menit.
ada beberapa cara melakukannya :
1. Posisi senyaman mungkin, duduk atau miring, sebaiknya miring kiri agar peredaran darah ke janin lancar.
2. Relaks, pejamkan mata, nafas dalam perlahan-lahan dan teratur, kendurkan otot-otot dan istirahatkan pikiran, niat untuk memulai hypnobirthing.
3. Bayangkan niat persalinan yang menyenangkan, membahagiakan,lancar, normal, kondisi bayi sehat dan lucu
4. Setelah relaks "tanamkan sugesti dan niat positif di alam bawah sadar "aku bisa melahirkan normal dan lancar" dan "bayiku lahir dengan selamat dan sehat"
5. Saat hendak selesai, biarkan otot-otot relaks dengan bernafas panjang dan dalam, siap melakukan kegiatan lain atau beristirahat.
6. Saat bersalin, tetaplah tenang, mengatur nafas dengan baik, selaraskan energi dengan datangnya kontraksi agar tenaga tidak terbuang percuma.

Rasa sakit yang dikurangi denagn hypnobirthing tergantung kepintaran ibu untuk membuat tubuhnya relaks, "kalau ibu sudah terlatih sekitar 50%, nyeri persalinan dapat dikurangi, bahkan kalau sudah sangat relaks dan tenang, rasa sakit dapat hilang" ujar Lanny.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar